Jumat, 11 November 2011

Anggota APEC diingatkan taati bea masuk 0%

HONOLULU: KTT APEC mengingatkan agar negara anggota yang berada di kawasan Asia Pasifik  untuk  melakukan komitmen untuk menghapus tarif  bea masuk  impor menjadi 0% seperti disepakati dalam Bogor Goals di 1994.
 
Gusmardi Bustami, Direktur Jenderal Kerjasama  Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan,  mengatakan  hal itu dikemukakan dalam  kesimpulan senior official meeting yang diselenggarakan dalam rangka perhelatan KTT Asia Pacific Economic Cooperation di Convention Center pada hari ini, setelah dilakukan tiga kali SOM yaitu di Washingtn, Montana, dan San Fransisco.
 
Hasil pembahasa di SOM akan dibawa ke pertemuan tingkat menteri di KTT APEC yang akan dilakukan pada 11 November 2011 di Honolulu.
 
"[Dalam kesimpulan SOM] ini kita kembali lagi menegaskan komitmen untuk mencapai Bogor Goala yang sudah diputuskan di 1994 di Indonesia," kata Gusmardi   hari ini,  usai melakukan SOM  dalam rangka perhelatan KTT APEC  yang tengah berlangsung di Hawaii Convention Center, Honolulu, Hawaii, AS.
 
Seperti yang telah disepakati di Bogor Goals, ujarnya, negara maju pada tahun 2010 akan menghapuskan semua tarifnya. Sementara itu bagi negara berkembang yang menjadi anggota APEC pada 2020.
 
Dia mengatakan saat ini  sudah 80%-85% negara maju yang masuk dalam APEC telah menetapkan bea masuk menjadi 0%. Untuk negara berkembang  terus memantau dalam rangka penerapan kesepakatan tersebut di 2020.
 
"Sekarang di negara berkembang perlu kita  lihat sampai di mana sekarang komitem untuk penghapusan tarif menjadi  0% pada tahun 2020.  Kita masih ada waktu sampai 2020, akan kita coba untuk review semua," kata Gusmardi. (sut)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar