Rabu, 14 Desember 2011

PT Pos Logistik siap operasi tahun depan

JAKARTA: PT Pos Indonesia mendirikan anak perusahaan bernama PT Pos Logistik Indonesia bermodalkan Rp200 miliar pada akhir tahun ini. 
 
Anak perusahaan yang segera berdiri ini akan menangani transportasi, jasa pergudangan atau warehouse, pengiriman kargo, dan regulated agent atau agen inspeksi. 
 
"Tahun ini kita bentuk PT Pos Logistik Indonesia, tahun ini terbentuk akte notarisnya. Nanti bergerak di bidang transporting, warehouse, freight forwarding, dan regulated agent," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana kepada Bisnis hari ini.
 
Ketut mengatakan sektor logistik itu penting dan pasarnya besar. Namun Pos Indonesia hanya berperan kecil, 0,01% terhadap pasar logistik nasional. "Makanya kami mendirikan anak usaha yang sengaja dipisah dari divisi unit PT Pos Indonesia. Ini bagaimana kita mendorong logistik lebih besar," tutur Ketut.
 
Dia menambahkan pihaknya melakukan spin off atau pemisahan unit logistik menjadi anak perusahaan. Setelah lepas, perusahaan baru ini akan jalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan yang mendukung usahanya, seperti Bulog, Garuda Indonesia dan perusahaan multinasional maupun internasional.
 
Ketut menjelaskan untuk  mendirikan PT Pos Logistik Indonesia ini modal awalnya Rp200 miliar dan modal disetor Rp50 miliar. "Nantinya kita tingkatkan modal ini. Logistik ini akan menjadi besar. Ini hanya modal awal pendirian sebagai bentuk investasi kami," tuturnya.
 
Dia menambahkan PT Pos Logistis Indonesia ini nantinya akan mengurusi regulated agent (RA) atau agen inspeksi yang memeriksa keamanan barang kargo pesawat udara.
 
Untuk RA ini, lanjutnya, Pos Indonesia sudah mengajukan perizinan ke Kementerian Perhubungan, tetapi belum keluar perizinannya hingga saat ini. (arh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar