Jumat, 27 Januari 2012

KMP ANDIKA NUSANTARA beroperasi lagi

JAKARTA: Kapal KMP Andika Nusantara hari ini sudah bisa beroperasi setelah  kemarin kandas di perairan antara Padangbai, Bali—Lembar, Nusa Tenggara Barat akibat cuaca buruk.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Lembar Sukartadi Anwar mengatakan kapal tersebut sudah beroperasi. "Sudah bisa beroperasi lagi,” katanya saat dikonfirmasi Bisnis hari ini.

Kapal KMP Andika Nusantara kemarin kandas. Sebanyak 182 penumpang yang terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak  12 orang dan penumpang di atas kendaraan sebanyak 170 orang terpaksa dievakuasi dengan kapal lainnya.

Selain penumpang, kapal juga mengangkut kendaraan roda dua sebanyak 55 unit, sedangkan kendaraan roda empat ukuran kecil tercatat 8 unit dan truk sedang dan besar sebanyak 10 unit serta satu unit bus besar.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan memaparkan kronologis kapal Andika Nusantara yang kandas. Kapal diberangkatkan dari Pelabuhan Padangbai, Bali bersama KMP Sindu Dwitama pukul 11.30.

Dia menjelaskan akibat kondisi ombak yang masih cukup besar,  beberapa lassing tali pengikat kendaraan yang dimuat di atas kapal putus sehingga terdapat pergerakan kendaraan di deck kapal.

Kondisi itu menyebabkan kapal mengalami kemiringan hingga 10 derajat sehingga kapal segera melakukan antisipasi dengan berteduh di balik pulau hingga kondisi laut kembali bersahabat.

Pada pukul 16.00 WITA, datang bantuan KMP Perdana dan KMP  Citra  serta bantuan dari Basarnas untuk melakukan evakuasi seluruh penumpang. "Seluruh penumpang sore kemarin telah dievakuasi ke darat dan selanjutnya diangkut Bus Damri." (sut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar