Jumat, 11 April 2014

Hatta Rajasa Dapat Gelar Bapak Cabotage Indonesia

Bisnis.com,JAKARTA - Indonesian National Shipowners Association (INSA) memberikan penghargaan kepada Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sebagai Bapak Cabotage Indonesia.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan Hatta yang pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan itu dinilai berjasa dalam mendorong lahirnya penerapan asas cabotage melalui Inpres No. 5/2005 tentang Pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional yang kemudian diperkuat dengan Undang-undang No17/2008 tentang Pelayaran.

"Kami juluki Bapak Hatta Rajasa sebagai  Bapak Cabotage," kata Carmelita saat memberikan sambutan pada acara peringatan 9 tahun asas cabotage, Kamis (10/4/2014).

INSA juga memberikan penghargaan kepada Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan. Asosiasi pengusaha pelayaran nasional itu menilai Mangindaan berjasa dalam mengawal penerapan asas cabotage selama ini.

Kedua orang tersebut, kata Carmelita, telah secara konsisten membangun pemahaman bersama antarlembaga pemerintahan mengenai asas cabotage.
"Lewat pemahaman bersama akan menyulitkan siapapun yang mau menyusup karena tidak sejalan dengan asas cabotage," ujarnya.
Asas cabotage merupakan kewajiban untuk mengangkut komoditas domestik oleh kapal berbendera Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar