Kamis, 19 Januari 2012

Roadmap industri kapal nasional difinalisasi

JAKARTA:  Organisasi  Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) sedang memfinalisasi roadmap atau peta jalan industri kapal nasional.

Sekretaris Jenderal Iperindo Julius Tangketasik mengatakan finalisasi roadmap sedang dilakukan. Roadmap itu diusulkan agar ditetapkan dalam bentuk keputusan menteri.

Dia menjelaskan dari penyusunan roadmap itu, tergambar bahwa kemampuan galangan nasional untuk membangun kapal baru hingga mencapai 50.000 dead weight tonnage (DWT).

Di dalam roadmap itu, katanya, akan disusun jenis dan tipe kapal tertentu yang harus dibangun di dalam negeri. "Tetapi secara bertahap," katanya dalam jumpa pers di kantor Iperindo, hari ini.

Seperti diketahui, oerator pelayaran meminta pelaku galangan nasional untuk ikut terlibat dalam penyusunan peta jalan pengembangan industri kapal nasional.

Hal ini diperlukan menyusul hingga kini banyak kapal nasional yang melakukan perawatan rutin (docking) di galangan luar negeri karena keterbatasan kapasitas galangan nasional.

Tahun ini, sebanyak 19 unit kapal berbagai tipe senilai total Rp2,34 triliun akan dibangun di industri galangan dalam negeri selama 2012.

Kapal tersebut ditender oleh Kementerian Perhubungan sebanyak sembilan unit dan PT Pertamina sebanyak 10 unit. (Bsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar