Selasa, 20 Maret 2012

BANDARA KERTAJATI: Pusat hanya sediakan Rp10 miliar

JAKARTA: Pemerintah hanya mampu menyediakan Rp10 miliar tahun ini dari APBN untuk rencana pembangunan Bandara Kertajati, Jabar, yang diperkirakan menelan dana total Rp8,22 triliun.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti S. Gumay mengatakan pihaknya sudah mengajukan anggaran tahun ini untuk mendukung pembangunan Bandara Kertajati. Angka itu akan bertambah lagi sesuai dengan kemampuan keuangan pemerintah.

"Kami hanya mampu membantu pembangunan Bandara Kertajati Rp10 miliar, ya untuk persiapan pembebasan lahan. Ini hanya untuk langkah awal," ucap Herry, Selasa, 20 Maret 2012.

Dia menambahkan keterlibatan pemerintah pusat untuk mendanai proyek pembangunan bandara itu setelah pemda Jabar meminta pemerintah terlibat.

Sebelumnya Pemda menyatakan tidak perlu keterlibatan pemerintah pusat karena mampu menarik investor untuk membangun bandara baru ini sehingga tidak perlu dana dari APBN.

"Namun kenyataannya Pemda Jawa Barat akhirnya meminta pemerintah pusat untuk terlibat, mungkin karena kesulitan mendapat investor," tutur Herry.

Dia melanjutkan agar dapat melibatkan dana dari APBN dalam proyek itu, yang harus dilakukan merevisi Permenhub No.34 Tahun 2005 terutama pasal 3 ayat 2.

Namun karena penetapan APBN tidak hanya di bawah kewenangan Kemenhub selaku kementerian teknis, Kemenhub akan berkoordinasi dengan instansi terkait. (tw)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar