Senin, 09 Mei 2011

Basis Produksi Industri Otomotif Harus Diwujudkan


Jakarta - Gempa yang terjadi di Jepang beberapa waktu lalu membuat industri otomotif tanah air sedikit mengalami gangguan dalam hal pasokan kendaraan maupun suku cadang. Melihat keadaan tersebut, Gaikindo berharap industri otomotif tanah air mulai memikirkan untuk mengembangkan industri yang ada di dalam negeri.

Hal ini mengingat pasar di Indonesia secara umum terus membaik dari tahun ke tahun sehingga membutuhkan kesiapan industri, baik industri otomotif utama dan industri pendukungnya. Selain itu, apabila semua kebutuhan bisa dipenuhi secara domestik, hal ini tentu akan mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari negara lain, seperti Jepang.

”Kita harus mulai memikirkan bagaimana memajukan industri otomotif Indonesia agar Indonesia bisa menjadi production based. Sebagai production based, tentunya kita mempunyai peluang untuk meningkatkan ekspor,” ujar Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS (Indonesia Internasional Motor Show 2011) dalam rilisnya Minggu (8/5).

Menurutnya, untuk merealisasikan hal ini, Gaikindo mengharapkan dukungan dari pemerintah dalam hal perbaikan infrastruktur dan ketersediaan energi.
Untuk mengembangkan industri otomotif tanah air, Gaikindo mengadakan The 6th Indonesia International Automotive Conference dengan tema ëThe Indonesian Automotive Industry Post 1 Million Carsí yang akan diadakan pada tanggal 21 Juli 2011 di JIExpo, Jakarta.

Acara yang dihadiri oleh para pemain industri otomotif, termasuk industri pendukungnya, ini diharapkan menghasilkan satu agenda besar terkait masa depan industri otomotif di Indonesia. Pengembangan industri otomotif akan diarahkan pada pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Gaikindo juga mengharapkan dukungan berbagai kalangan yang terkait dengan industri otomotif, baik langsung maupun tidak. Salah satu dukungan yang telah didapatkan, antara lain dalam sponsor untuk penyelenggaraan The 19th Indonesia International Motor Show, yang merupakan pameran otomotif terbesar di tanah air.

Sponsor

Perusahaan sponsor itu, yakni Pertamina sebagai sponsor utama. Langkah industri otomotif yang terus mengembangkan teknologi mobil ramah lingkungan sejalan dengan komitmen perusahaan yang memproduksi bahan bakar minyak di Indonesia.

Selain Pertamina, dukungan Tokobagus.com sebagai sponsor pun turut memeriahkan perhelatan IIMS 2011. Kami merasa antusias dan optimistis pada ajang tahun ini,” kata Arnold Sebastian Egg, Presiden Direktur Tokobagus.com.

Sumber: Suaramerdeka.com, 09 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar