Jumat, 10 Agustus 2012

PELABUHAN T.PRIOK: Pengangkutan Peti Kemas Kosong Capai 261.390 TEUs

JAKARTA: Aktivitas pengangkutan peti kemas kosong (repo container empty) dalam proses pengapalan ekspor selama kurun waktu Januari-Juli 2012 di Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 261.390 twenty foot equivalent units (TEUs).
 
“Realisasi itu setara dengan 23% dari total ekspor selama periode tersebut yang mencapai 1.136.479 TEUs,” kata Sofyan Gumelar, kepala humas Pelindo II cabang Tanjung Priok, hari ini.
 
Dia mengemukakan selama periode itu total volume peti kemas ekspor berisi komoditi (full) mencapai 875.089 TEUs. “Perdagangan ekspor lewat Pelabuhan Tanjung Priok memang terjadi pelemahan dibandingkan impor-nya sepanjang tahun ini.”
 
Adapun total total volume pengapalan impor melalui Pelabuhan Tanjung Priok selama periode itu mencapai1.264.406 TEUs, dengan rincian bongkar peti kemas isi (full) 1.232.562 TEUs dan peti kemas kosong 31.844 TEUs.
 
Head of Logistics Division DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (Alfi) M.Nuh Nasution, mengatakan pelemahan kegiatan ekspor nasional sudah dirasakan sejak memasuki awal 2012, yang disebabkan oleh banyak faktor a.l. tingginya biaya produksi dalam negeri, membengkaknya biaya logistic maupun distribusi ke pelabuhan.
 
Untuk mendongkrak penguatan ekspor, paparnya, diperlukan terobosan dari semua pihak termasuk operator pelabuhan dengan menekan biaya bongkar muat dan memberikan insentif khusus pengapalan kargo ekspor melalui Tanjung Priok.
 
“Apalagi 65% kegiatan pengapalan ekspor dan impor selama ini masih  bergantung dan dilakukan melalui Tanjung Priok,” tuturnya. (k1/yus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar